Aug 28, 2017
11 Views
0 0

Ekspor Sepeda Motor Suzuki Indonesia Ke Luar Negeri Meningkat | raffienda.com

Written by
Spread the love



Mengutip pernyataan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto pada saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2017), peningkatan penggunaan konten lokal bisa mendongkrak daya saing industri otomotif di Indonesia agar dapat memproduksi dan memasarkan produk dan kebutuhan ekspor. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor yang berpotensi. Sehingga potensi ini harus menjadi basis pengembangan industri otomotif secara menyeluruh.

Oleh karena itu, sebagai pemain lama di industri otomotif PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) terus berupaya meningkatkan jumlah ekspor kendaraan baik sepeda motor maupun mobil sesuai dengan pangsa pasar di 52 negara dari tahun ke tahun, tentunya dengan menjalin kerjasama dengan Suzuki Motor Corporation (SMC) di Jepang guna memenuhi persyaratan di negara tujuan ekspor. Aktivitas ekspor PT SIM pun berhasil membukukan pemasukan perusahaan total sebanyak 5.5 triliun rupiah dari sepeda motor, mobil maupun sparepartnya.

Dalam hal ekspor sepeda motor, PT SIM mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2015 PT SIM berhasil mengekspor sebanyak 103,678 unit, tahun 2016 ada 106,604 unit sepeda motor yang diekspor ke seluruh dunia. Sehingga penjualan ekspor sepeda motor ke berbagai negara ini mampu memberikan kontribusi mencapai 10.68%. Penjualan ekspor sepeda motor sampai 2017 ini telah menjangkau 34 negara dengan sebaran Asia, Eropa, Oceania, Amerika Selatan, Afrika dan Timur Tengah.

Filipina merupakan negara pengekspor terbanyak untuk sepeda motor Suzuki dari Indonesia. Dengan jumlah sebesar 62,460 unit yang terdiri dari berbagai tipe, yaitu Suzuki Address, GSX-R150, GSX-S150, Satria (FU150), New Satria (FU 150) dan Satria Junior (FJ110). Dari kelima motor tersebut, sampai saat ini Satria (FU150) adalah primadona dengan jumlah ekspor tertinggi sebanyak 36,600 unit. Jepang menempati posisi kedua dengan jumlah ekspor 11,198 unit Suzuki, disusul Thailand, Kamboja dan Eropa.

Dari segi produk, ditahun 2016 Suzuki Satria (FU150) menempati garda terdepan ekspor motor Suzuki ke negara ASEAN dengan jumlah 39,663 unit. Selain Satria (FU150), sepeda motor Suzuki yang unggul di pasar ekspor adalah Suzuki Address (UK110) dengan jumlah 24,796 unit, disusul dengan Satria Junior (FJ110) di angka 20,400 unit. Hal ini membuktikan bahwa konsumen roda dua Suzuki saat ini memiliki selera yang beragam dan menyesuaikan kebutuhan gaya hidup masing-masing.
Ekspor Sparepart

Selain kendaraan, Suzuki juga melakukan ekspor sparepart. Ekspor sparepart sepeda motor sudah menjangkau 23 negara, sementara ekspor sparepart mobil sudah menjangkau 91 negara. Jumlah ekspor sparepart sepanjang tahun 2016 mencapai 115 milyar rupiah, sedangkan target ekspor tahun 2017 sebanyak 131 milyar rupiah. Dari segi kontribusi, hingga pertengahan tahun 2017 rata-rata kontribusi ekspor suku cadang terhadap total penjualan suku cadang Suzuki mencapai 8%, tumbuh 2% dibanding tahun sebelumnya.

Setelah sukses mengekspor Suzuki Genuine Part dan Suzuki Genuine Accessories, Suzuki berencana untuk menambah line up sparepart untuk diekspansi agar dapat diekspor, yaitu Suzuki Genuine Oil untuk sepeda motor dan mobil keluaran Suzuki agar performa mesin lebih optimal.
Melihat potensi pengembangan ekspor suku cadang dan aksesoris resmi Suzuki semakin besar, maka saat ini kami berencana mengekspansi Suzuki Genuine Oil dan terus mengembangkan aksesoris produk Suzuki. Hal ini dilakukan agar dapat melengkapi kebutuhan konsumen akan produk pelengkap yang mengoptimalkan performa kendaraan Suzuki yang sudah beredar di pasar ekspor.Antonius Surono (Export Part Sales Section Head PT. Suzuki Indomobil Motor)

Maka dalam hal kualitas produk, Suzuki tidak perlu diragukan lagi. Karena kualitas produksi kendaraan dan sparepart Suzuki di Indonesia telah diakui dan digunakan di berbagai negara di dunia.

source supported by raffienda.com

Article Categories:
Reviews

Comments to Ekspor Sepeda Motor Suzuki Indonesia Ke Luar Negeri Meningkat | raffienda.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *